Selamat Datang di website Kesbangpol dan Linmas Kab. Tegal

Berita Terbaru

Upaya Pemerintah Kabupaten Tegal Dalam Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2017

Dipublish tanggal 25 Januari 2017, Dikirim oleh Admin

Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal untuk mendukung Pengamanan pada hari Natal dan Tahun Baru 2017 dilakukan dengan pola Pengamanan Terbuka yaitu Operasi Kemanusiaan Lilin Candi an dengan pola Pengamanan Tertutup yaitu dengan menggandeng seluruh anggota Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) dan seluruh anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) pada semua tingkatan dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa.

Pengamanan tertutup diperlukan mengingat kerawanan akan aksi-aksi terror pada hari-hari tersebut. Pengamanan tertutup dilakukan dalam rangka antisipasi dan deteksi dini terhadap aksi terror yang dimungkinkan dapat saja terjadi selama perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2017 dan juga dapat saja terjadi selama Operasi Lilin Candi berlangsung.

Keterlibatan FKDM sangat penting guna menangkal kerawanan sampai pada tingkat desa, mengingat anggota FKDM tersebar hingga tingkat Desa. Dengan dilibatkannya FKDM pada semua tingkatan diharapkan tingkat kewaspadaan bisa dilakukan di semua lini untuk mendeteksi awal akan adanya indikasi terror, tindak radikal, anarkis dan rusuh selama Natal dan pergantian tahun.

Selain menjalankan pengamanan tertutup di sejumlah tempat ibadah, objek wisata dan tempat-tempat keramaian, Kantor Kesbangpol dan Linmas bersama tim PORA Kabupaten Tegal juga meningkatkan intensifitas pemantauan dan pengawasan keberadaan dan kegiatan Orang Asing selama Operasi Lilin Candi berlangsung guna memperkecil kemungkinan terjadinya aksi terorisme. Langkah-langkah tersebut merupakan langkah koordinasi cepat tanggap untuk menciptakan kondusifitas Daerah selama Natal dan pergantian tahun.

Agenda