Selamat Datang di website Kesbangpol dan Linmas Kab. Tegal

Berita Terbaru

Desak Enam Partai Politik Untuk Segera Mengajukan Proposal Pencairan Bantuan Keuangan

Dipublish tanggal 12 September 2017, Dikirim oleh Admin

Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal mendesak enam partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Tegal yakni PKS, PDI-P, Demokrat, PKB, PAN dan Hanura untuk segera mengajukan proposal guna memenuhi mekanisme pencairan bantuan keuangan kepada partai politik 2017. Perlu diketahui bahwa sampai dengan saat ini baru ada tiga partai yang telah mengajukan proposal yakni Gerindra, Golkar dan Nasdem.

Perlu ditekankan bahwa bantuan keuangan kepaga Partai Politik yang bersumber dari APBD Kabupaten Tegal hanya akan cair apabila partai sudah mengajukan proposal. Dengan demikian cepat dan lambatnya pencairan tergantung pada Partai yang bersangkutan. Penggunaan dan pemanfaatan bantuan keuangan partai politik harus sesuai dengan tata aturanya yang antara lain untuk pendidikan politik baik kepada masyarakat maupun peningkaran profesionalisme kader-kader partai politik. Perlu diingat apabila pencairan terhambat hingga waktu pencairanya sampai berdekatan dengan tutup tahun anggaran maka dikhawatirkan parpol akan kesulitan dalam penyusunan laporan pertanggungjawabannya.

Dengan adanya konflik internal di tubuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), maka dengan sangat terpaksa Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal menunggu petunjuk tertulis Ditjen Kesbangpolpum Kemendagri tentang pencairan bantuan keuangan kepada partai PPP, meskipun sudah ada putusan Mahkamah Agung terhadap konflik internal di tubuh PPP.

Bantuan kepada Partai Politik jumlahnya tidaklah sama, disesuaikan dengan jumlah suara yang diperoleh masing-masing parpol dikali Rp. 1.512 persuara. Sesuai  dengan keputusan Bupati Tegal, alokasi bantuan keuangan yang akan diberikan kepada 10 parpol sebesar Rp. 1.068.903.864,-.

Alokasi terbesar untuk Kabupaten Tegal di berikan kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang meraih suara terbanyak yaitu 161.462 suara. Bantuan keuangan yang akan diberikan sejumlah Rp 244.130.544. Sedangkan alokasi terkecil diberikan kepada partai Hanura yang memenangkan 35.427 suara sehingga memperoleh nabtuan Keuangan Sebanyak Rp 53.565.624,-.

Pencairan bantuan keuangan kepada partai politik menggunakan dasar hukum Permendagri Nomor 6 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 77 Tahun 2014 tentang Pedoman Tata Cara Penghitungan Penganggaran dalam APBD dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik dan Keputusan Bupati Tegal Nomor 260 Tahun 2016 tentang Alokasi Bantuan Keuangan kepada Partai Politik Hasil Pemilihan Umum 2014 yang Memperoleh Kursi di DPRD Kabupaten Tegal tahun 2016.

Setelah berkas permohonan diterima dari DPD/DPC Parpol oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas Kab. Tegal akan diperiksa kelengkapannya oleh tim verifikasi yang telah dibentuk sebelumnya berdasarkan SK Bupati Tegal. Hasil verifikasi akan dtuangkan dalam berita acara verifikasi yang ditandatangani oleh seluruh anggota tim verifikasi. Setelah proses verifikasi dan berkas dinyatakan lengkap, Kantor Kesbangpol dan Linmas Kab. Tegal akan berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk proses pencairan dana bantuan keuangan parpol yang akan ditransfer ke rekening masing-masing parpol.

Agenda