Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi

Visi merupakan suatu keadaan atau harapan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang. Seperti diketahui bersama bahwa Visi Pemerintah Kabupaten Tegal Tahun 2015-2019, yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri, Unggul, Berbudaya, Religius dan Sejahtera "Cinta Desa, Cinta Rakyat, Cinta Produk Tegal, Cinta Budaya Tegal".
Dengan mengacu pada Visi Kabupaten Tegal serta lingkup tugas pokok dan fungsi Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal, maka Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal memiliki Visi sebagai berikut:
“Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perlindungan Masyarakat, Didukung Masyarakat Yang Demokratis Serta Menjunjung Tinggi Supremasi Hukum”
    Pernyataan visi tersebut memiliki beberapa pokok pengertian sebagai berikut:
    1. Persatuan dan Kesatuan Bangsa, mengandung arti bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, memiliki perbedaan suku, bahasa, agama dan budaya namun bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan dan kesatuan yang kokoh di dalam masyarakat dari setiap daerah yang berwawasan kebangsaan menjadi landasan terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dengan pilar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
    2. Perlindungan Masyarakat, mengandung arti bahwa terwujudnya kondisi yang memberikan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat sebagai warga Negara dengan adanya perlindungan negara, terjaminnya hak-hak warga negara, terciptanya keamanan dan ketertiban umum.
    3. Masyarakat yang Demokratis, mengandung arti kondisi masyarakat yang menjunjung tinggi hak asasi, menghormati perbedaan dan menentukan keputusan bersama berdasarkan asas musyawarah untuk mufakat.
    4. Menjunjung Tinggi Supremasi Hukum, mengandung arti kondisi masyarakat yang memiliki kesadaran untuk menegakkan hokum untuk mewujudkan keadilan bagi setiap warga negara.
    5. Perwujudan beberapa visi Pemerintah Kabupaten Tegal yang dituangkan dalam visi Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal adalah Berbudaya, Sejahtera, Cinta Desa dan Cinta Rakyat. Masyarakat yang Demokratis merupakan salah satu ciri masyarakat yang berbudaya. Oleh karena itu dalam visinya Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal hendak meningkatkan kehidupan demokrasi di kalangan masyarakat melalui sosialisasi dan pendidikan politik masyarakat baik secara pribadi maupun melalui kesjasama kegiatan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini dengan Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah. Selain itu indikator masyarakat yang sejahtera adalah apabila keamanan dan ketertiban telah tercipta sehingga sektor lain seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya akan tumbuh berkembang dengan baik. Melalui visi Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal yaitu Terwujudnya Perlindungan Masyarakat diharapkan Visi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera akan tercapai. Perwujudan dari Cinta Desa dan Cinta Rakyat oleh Pemerintah Daerah adalah dengan terlebih dahulu menjamin keamanan, ketentraman dan ketertiban lingkungan.

Misi

    Dalam mewujudkan visinya Pemerintah Kabupaten Tegal melaksanakan misi sebagai berikut:
    1. Mewujudkan birokrasi yang bersih dan responsive terhadap pemenuhan hak dasar rakyat.
    2. Mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan ekonomi kerakyatan yang difokuskan pada sector perdagangan, industry dan pertanian.
    3. Mewujudkan kehidupan paseduluran dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.
    4. Mengembangkan seni budaya dan pengetahuan tradisional.
    5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat.

    Sedangkan dalam mewujudkan visinya Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal melaksanakan misi sebagai berikut:
    1. Melaksanakan perumusan dan penyiapan kebijakan teknis serta fasilitasi di bidang kesatuan bangsa;
    2. Melaksanakan perumusan kebijakan teknis dan fasilitasi di bidang politik dan hubungan antar lembaga;
    3. Melaksanakan perumusan kebijakan teknis dan fasilitasi di bidang perlindungan masyarakat;
    4. Melaksanakan pelayanan penunjang penyelenggaraan pemerintahan kabupaten.

    Untuk pedoman melaksanakan visi dan misi dan agar tercapai kelancaran dan keterpaduan dalam mencapai sasaran dan tujuan suatu organisasi maka perlu menentukan arah kebijakan yang diambil berdasarkan pemetaan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan organisasi. Arah kebijakan Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal sebagai berikut:
    1. Penguatan organisasi dan pengembangan institusi termasuk di dalamnya peningkatan kualitas sumber daya manusia Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tegal agar memiliki kualitas, kapasitas, dan kompetensi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi. Antara lain dengan peningkatan pendidikan staf, mengikuti berbagai macam diklat dan bintek.
    2. Penanganan masalah kebangsaan dengan melalui sosialisasi dan diskusi.
    3. Penguatan stabilitas demokrasi melalui pendidikan politik dan peningkatan kesadaran politik warga negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
    4. Penguatan stabilitas keamanan dan ketertiban umum melalui peningkatan peran dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat.
    5. Pelibatan peran masyarakat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi melalui fasilitasi, koordinasi, komunikasi, dan bantuan yang melibatkan seluruh komponen baik instansi pemerintah, organisasi politik dan kemasyarakatan.